Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Berangkat ke Kawah Ijen

Siapa sih yang gak tahu Kawah Ijen? Kawah Ijen jadi destinasi favorite para tourist karena blue fire yang berada di perut kawahnya. Sebelum berangkat ke Kawah Ijen, ada beberapa hal yang kalian wajib tahu.

Karena basically aku tinggal di Surabaya, aku bahas rute langsung ke sana ya. Sebelumnya aku belum pernah hiking, so this is my first time. Dari Surabaya, ada direct kereta menuju Banyuwangi. Kalau gak salah ke Banyuwangi ada dua rute, pagi dan malam. Pagi jam 9 dan kalau malam sekitar jam 10 gitu. Aku lebih prefer pagi, jadi kemarin aku berangkat yang kereta jam 9 pagi dan sampai di Banyuwangi sekitar jam 3 sore. Harga tiket kereta api dari Surabaya ke Banyuwangi PP adalah Rp. 400.000. Harga tiket ini adalah harga tiket untuk kelas Executive Subclass A. Jangan lupa kalian juga bawa bekal dan minum sendiri sebelum berangkat di kereta karena makanannya kurang enak. Oh ya di sana kalian wajib rental mobil karena di sana gak ada yang namanya UBER, GRAB, GO-JEK, atau GO-CAR.

Di sana aku nginep di El Royale Hotel. El Royale Hotel adalah hotel baru di Banyuwangi. Per malamnya dengan pool view harganya sekitar 420 ribu dan udah include breakfast. Dari El Royale Hotel ke lereng Kawah Ijen memakan waktu sekitar 1.30 jam. So, untuk kalian yang mau hiking malam, wajib berangkat jam 11.30 malam.

Salah seorang pemandu wisata aku waktu ke Kawah Ijen, bilang kalau ke Kawah Ijen itu bagusnya dari July-September. Karena menurut beliau, tourist bisa melihat dengan jelas blue firenya. Oh ya terus kalau ke Kawah Ijen, usahakan jangan pas weekend karena padet banget dan rame. Selain itu, bagi yang belum pernah hiking sebelumnya pasti kerasa berat, so sebelum kalian berangkat, kalian wajib olahraga untuk menambah stamina karena jalan menuju kawah sangat curam.

Terus, kalau kalian mau hiking pas malam hari, kalian wajib berangkat agak pagian. Kalau bisa earlier than 11 pm. Karena kita sebagai Asian cenderung mempunyai langkah kaki yang lebih kecil di bandingin para bule-bule. So, jalannya pasti agak lama di bandingin mereka. Kemarin aku berangkatnya agak telat jam 12 dan baru hiking jam 2.30an. Sampe di kawahnya itu sudah mau pagi sekitar jam 5 karena kita banyak berhentinya. Pertama aku kira bakal sekitar 1-2 jam, but kalau kalian lihat jalannya wah parahhhhh banget, jalan naiknya udah kayak 45 derajat.

Oh ya ini aku bantu list beberapa barang yang kalian wajib bawa saat perjalanan ke Banyuwangi dan HIKING:

1. Mineral Water
  2. Masker Hidung. Biasanya si tour guidenya punya dan mereka mau pinjemin.
  3. Tissue Kering dan Tissue Basah
  4. Tolak Angin
  5. Senter kalau kalian hiking pada malam hari
  6. Power Bank: just in case kalau baterai kalian habis dan lost contact dengan teman
  7. Bekal untuk Hiking: usahakan yang gak rempong. Kalian bisa bawa mie or biscuit2 yang kalorinya besar.
  8. Obat Maag bagi yang punya Maag/Asam Lambung (Karena aku ada maag dan asam lambung)

Harga tiket masuk untuk ke Kawah Ijen pada hari biasa sekitar 5000 dan untuk weekend 7500. Harga tour guidenya sendiri di Kawah Ijen ini IDR 150.000. Harga bervariasi tergantung dari tour guidenya. Kadang ada yang ngasih rate tinggi apalagi kalau kalau dari mancanegara. Terus untuk mobil dari hotel ke tempat pendakian itu 1 orangnya IDR 200.000. Oh ya, kalian wajib tau kalau di Kawah Ijen ini ada Ojek nya loh. Hah apa maksudnya Ojek? Buat para pendaki yang ga kuat untuk naik ke kawah Ijen ini ada jasa ojek. Jadi si Ojek akan mengantarkan kita sampai di atas Ijen dan turun ke bawah.  Ojek di Ijen ini berupa gerobak beroda tiga. Di bagian depan ada tali penariknya dan satu lagi kayak handle buat dorong. Jadi untuk tiap ojek biasanya ditarik oleh dua orang. Satu di depan satu belakang. Harganya gak murah lo, untuk PP naik dan turun Kawah Ijen, si ojek ini memasang tariff 700.000. Kalau untuk naik saja, di Ojek memasang tarif 400.000 sampai 500.000. Biasanya yang naik ojek ini adalah orang-orang yang sudah manula.

Nah, itu seputar hal yang wajib kalian ketahui sebelum berangkat ke Kawah Ijen. Kalau ada pertanyaan, kalian bisa LINE aku di line official aku @sherrylynedj. Thank you for reading.