Bocah Cerdas – @genpeduli

Hi, kemarin2 sempat vacuum nulis blog karena lagi banyak urusan nih. Hehehe. Untuk blog post kali ini, aku mau share pengalaman aku sebagai volunteer di Yayasan Generasi Peduli. Jadi sekitar bulan Mei 2017 kemarin aku mulai start menjadi volunteer di kegiatan Bocah Cerdas yang di adakan oleh Generasi Peduli. Tujuan kegiatan dari Bocah Cerdas ini adalah untuk memberikan tambahan bimbingan belajar kepada siswa yang selama ini ketinggalan. Di bimbingan belajar ini para volunteer diharapkan untuk mengajar membaca, menulis, dan berhitung pada anak- anak ini.

Selama volunteer ini, aku ngajar di sebuah sekolah terpencil di Surabaya namanya SD Tunas Jaya. Aku bener-bener salut dengan anak-anak di sana yang punya semangat belajar yang tinggi meski dengan kondisi yang tidak memadai. Di sekolah ini cuma ada tiga guru yang mengajar anak-anak ini dari kelas 1 sampai 6. Honor dari gurunya juga sedikit dibanding dengan guru sekolah lainnya. (Hanya 300.000 satu bulan). Meski dengan honor yang tidak seberapa, guru-guru ini tetap mau melayani di sekolah Tunas Jaya agar anak-anak tersebut tetap mendapatkan pendidikan dari pada hanya berkeliaran di jalanan.

Dalam satu kelas terdapat murid-murid dari kelas 1 – 5. Anak-anak yang kelas 6 di ruangan terpisah. Jadi bayangin 1 kelas tapi mereka belajar hal yang sama. Ada yang kelas 3 masih belum bisa menulis dan membaca huruf. Ada juga yang kelas 5 tapi masih belum bisa perkalian dan pembagian. Dengan adanya tambahan bimbingan belajar dari para volunteer ini, anak-anak di Tunas Jaya diharapkan agar bisa berkembang. Sebelum di renovasi oleh Yayasan Generasi Peduli, sekolah ini sempat mau ambruk karena hanya di bangun seadanya. Bangunan sekolah ini pun didirikan seadanya oleh hanya 1 orang yang mempunyai jiwa untuk pendidikan di sekitar tempat tinggalnya itu. Alhasil sekarang, setelah di renovasi, keadaan di Tunas Jaya jauh lebih baik daripada sebelumnya. Sekarang para adik-adik di Tunas Jaya sudah bisa menikmati papan tulis, kipas angin, dan listrik. Oh ya,  kemarin sebelum libur lebaran, anak-anak dari Tunas Jaya berekreasi ke Ciputra Waterpark bersama kakak-kakak dari tim Generasi Peduli. Bisa di cek yaa gambarnya di atas (tinggal di sllide). Seneng banget rasanya bisa melihat mereka enjoy rekreasi bareng disana.

Dari sini aku  belajar banyak hal tentang kehidupan. Bagaimana aku bersyukur bisa sekolah di tempat yang baik, bisa mempunyai keluarga yang utuh dan saling menyayangi, dan juga pentingnya peduli kepada sesama maupun orang-orang di sekitar kita. Karena kepedulian kita ini bisa membantu orang-orang diluar sana menjadi lebih baik lagi.

Bagi yang mau melayani atau menjadi volunteer di Generasi Peduli ini bisa cek Instagram Generasi Peduli di @genpeduli. Biasanya untuk bimbingan belajar di SD Tunas Jaya ini diadakan setiap Selasa dan Kamis mulai jam 10 pagi sampai 12 siang. Yuk bagi yang mau join, you are WELCOME!

Terima kasih sudah membaca pengalaman aku.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *